Underground Taste~

Setelah sekian lama.. akhirnya saya berhasil juga untuk menulis 1 post di blog yang da berdebu ini *bersih-bersih sarang laba-laba*

Ada banyak topik yang mau gw tulis sebenernya.. uda dari lama sich utang nulis =.= tapi berhubung ga cocok mulu niat dan waktunya jadinya makin lama makin numpuk deh.. dan untuk memulai semangat menulis gw kembali, gw akan memulai dengan topik favorit saya saat ini ^o^ yaitu Underground Taste!

Jeng jeng~ underground taste? Apaan tuh??!

Ehmm ga ngerti sich sebenernya ini ada istilah benerannya ato ga.. tapi ini istilah bikinan gw aja sich.. yang mengacu pada selera saya yang ga kaya orang-orang pada umumnya.. bukan selera makan ato fashion.. tapi mungkin lebih ke arah selera musik dan bias saya di anime/manga/kpop world..

Kenapa gw bilang underground? Karena yang saya demen ini bukan yang menjadi mainstream ato digemari oleh masyarakat pada umumnya.. bahkan kadang-kadang bisa berlawanan ama mainstream dan gara-gara itu banyak yang suka mempertanyakan kenapa saya bisa-bisanya demen ama “understream” (gw suka membuat istilah sendiri nich~ ga ngecek beneran ada katanya ato ga jadi maap kalo salah).. selain itu, sebenernya populasinya pun terhitung banyak tapi sayangnya ga bisa terdeteksi ato naik ampe ke atas dan menjadi aliran mainstream, makanya kenapa gw bilangnya underground..

Sebagai contoh.. dari dulu saya tertariknya dengerin lagu JPop terus JRock terus KPop sekarang.. bukannya ga demen dengerin lagu Indo, Barat ato Mandarin.. semuanya didengerin koq.. cuma kalo ditanya lebih bersedia meluangkan waktu untuk yang mana maka uda jelas jawabannya.. gw akan tau lagu terbaru KPop saat ini tapi klo dtanya lagu Indo boro-boro deh.. walopun saya tinggal di Indo, sayangnya lagu-lagunya ga nyampe ke kuping kecuali ada yang ngasi tau ato kebetulan denger~ ato “kecelakaan” nonton konser >.<

Sama halnya kalo ditanya tokoh favorit di Bleach.. disaat smua orang akan berebut menjawab Ichigo atau Sakurai, gw akan langsung menjawab Hitsugaya!! \(^o^)/ ntah kenapa dari awal dy nongol langsung demen~ (yang baca Bleach tau kan Hitsugaya yang mana?) ato kalo di Naruto~ gw akan menjawab “temennya Naruto yang sama-sama Hokage yang bisa ngendaliin bayangan”~ bahkan temen gw yang sesama pecinta manga aja mempertanyakan seleraku~

Jenis bacaan juga membuat saya jadi penyimpangan yang baru saya sadari setelah kuliah =.= membaca manga uda bukan jadi hal yang aneh lagi walopun ga smua orang suka baca manga.. manga uda dianggap sbagai hal yang umum.. yang ga umum adalah ketika seorang anak perempuan dari sd uda demennya baca manga aliran shonen (untuk cowo) ketimbang membaca manga aliran shoujo (untuk cewe).. dan hal ini baru gw sadari ketika gw masuk ke jaman perkuliahan..

dari mulai bisa membaca ampe sma, membaca shonen manga buat gw adalah hal yang wajar dan emang gw lebih demen ketimbang baca serial cantik~ ini berlanjut ampe sma dimana teman-teman gw smuanya juga membaca dengan aliran yang sama.. membuat kami semua menganggap ini adalah hal yang normal dan umum.. tetapi ketika gw kuliah dan terpisah dari teman-teman gw, gw baru menyadari adalah hal yang ga wajar bagi seorang cewe untuk suka manga “cowo”.. terbukti dari susahnya gw mencari pinjaman manga ke temen-temen kuliah yang cewe karena mereka notabene pecinta serial cantik dan akhirnya saya harus lari ke temen-temen cowo untuk minjem manga “cowo”

Ketika berdiskusi dengan teman-teman sma, kami akhirnya menyimpulkan kalo mungkin emang selera kami ini agak mengalami kelainan~ di saat para gadis sma lainnya sibuk mengurus diri demi mendapatkan pujaan hati di sekolah tetangga, kami malah sibuk memperdebatkan memilih antara Sawamura atau Sakurai sebagai cowo ideal yang tentu saja tidak nyata (silakan baca Harlem Beat kalau belum tau sapa yg dimaksud ^^).. di saat gadis sma yang lain menghabiskan uang untuk membeli majalah fashion dan make-up, kami menghabiskan uangnya untuk membeli manga dan game terbaru.. kalo gadis sma umumnya memajang poster Leonardo diCaprio di kamarnya, yang terpampang di kamar kami malah poster Kenshin atau Kamui~ kalo kata temen ex-kantor sich ini namanya da otaku~ tapi kami bilangnya ini cuma hobi aja~

Perbedaan yang jauh ini membuat gw sadar kalo dari dulu selera gw mang da aneh, kalo ga mau dibilang menyimpang.. tapi aneh ato menyimpang ini kan cuma karena gw tidak mengikuti apa yang menjadi selera *maap* pasaran aja~ dan sampai sekarang pun gw masi tetep ga terlalu bisa ngikutin selera pasaran ato selera yang umum-umum aja..

Bukti nyata yang paling mutakhir adalah selera musik gw.. dan mungkin arahnya jadi ke tipe cowo ya.. skarang gw akuin aja gw lagi demen banget (ga mau dibilang tergila-gila) ama KPop dan ini uda berjalan cukup lama.. kayanya dari 2007 deh~

Baru sekarang aja KPop mulai masuk ke arah mainstream karena promosi yang gencar dan gila-gilaan dimana-mana~ bahkan Indo aja da ketularan efeknya sampe bermunculan berbagai macam boy/girlband yang meniru k-boy/girlband.. tapi jauh sbelum KPop naik daun, gw da seneng dengerin dan terutama menikmati berbagai variety show yang ditawarkan.. dan ini adalah contoh yang paling baik untuk menunjukkan sisi underground selera gw..

Musik ini sudah ada sejak lama.. sama halnya dengan JPop dan JRock yang dulu lagi booming-boomingnya di Indo dan masih terus ampe skarang.. populasinya pun bole dibilang ngga sedikit.. bahkan bisa dibilang angkanya cukup besar dan hal inilah yang membuat para promotor sekarang berani mengundang KPop band untuk konser di Indo.. sayangnya walopun jumlahnya lumayan, jenis musik ini tetap tidak bisa diterima sebagai aliran yang mainstream atau yang umum.. tetap saja KPop atau sebangsanya akan diberikan pengotakan sendiri dan termasuk di dalamnya adalah para pecintanya.. seakan-akan kelasnya berbeda dengan aliran musik lainnya dan tidak layak untuk disamakan.. dan akhirnya tetap menjadi “understream”~ so it’s not about the size but more about the public opinion..

Punya underground taste buat gw ga menjadi satu hal yang memalukan and honestly I don’t care about it~ banyak orang yang mempertanyakan selera gw bahkan cenderung menghina.. dibilang demennya cowo cantik tapi gay-lah.. modal tampang tapi ga bisa nyanyi-lah.. nari seadanya.. intinya mereka mau bilang lebih bagus semuanya yang berbau-bau bule gitu deh~ but.. everyone has their own favorite right?! it’s  the basic human rights! we have the freedom to choose what we want to choose~ dan kebetulan aja selera gw masi ga bisa diterima masyarakat pada umumnya.. bahkan nyokap gw aja masi bingung kenapa gw bisa sukanya yang aneh-aneh~ (maaf ma tapi anakmu ini sebenernya masi normal koq~ cuma lebih milih cowo Asia aja daripada cowo bule)

Well~ dasarnya setiap manusia punya selera yang berbeda-beda, dari soal makanan, agama sampai musik.. tapi sangat disayangkan kalau ujung-ujungnya malah dijadiin alat untuk saling menghina~ gw ga muna sich~ gw juga masih suka menghina apalagi yang namanya boy/girlband Indo >.< itu gw hina sepenuh hati karena konsep mereka yang plagiat tapi tetep aja masi ada yang suka dan sbisa mungkin gw fokus menghina ke boy/girlband-nya dan bukan ke pecintanya =P bukan salah mereka juga kan suka ama yang begituan?

Tapi balik lagi.. sbisa mungkin qta jangan saling menghina deh~ treat others like how you want to be treated~

Cuma namanya manusia, kalo ga menghina rasanya susah banget deh.. apalagi kalo ketemu di dpn mata yang ga qta suka.. dan kalau emang harus~ lakukanlah seperti saya.. menghina tapi ngomongny ke temen-temen sesama aliran aja~ biar bisa dapet dukungan, tambah seru ngomongnya, tapi ga nyakitin sapa pun~ *smoga*

Leave a Reply

